Active Sport

5 Fakta Mengenai Vertical Running yang Kamu Tidak Ketahui_rev.4
5 Fakta Mengenai Vertical Running yang Kamu Tidak Ketahui
Sep 30, 2014
  • 1692
  • 9
  • 5

Vertical running memang sedang marak diselenggarakan di beberapa Negara tahun ini.Berpartisipasi di dalam nya sungguh tentu menyenangkan.Namun, sejauh mana kamu mengetahui vertical running itu sendiri ?Apa saja yang kamu ketahui tentang vertical running?Berlari menaiki tangga untuk mencapai puncak dan termasuk olahraga ekstrim?Semua yang kamu katakana itu memang benar Sob, tapi ada beberapa fakta lainnya yang penting untuk kamu ketahui nih untuk tambah wawasan kamu seputar vertical running.

  1. Vertical running mampu membakar kalori 10x lebih banyak daripada lari biasa

Hasil penelitian Universitas Geneva menunjukkan jika vertical running mampu membakar kalori 10x lebih banyak dari pada lari pada permukaan datar. Hal ini dikarenakan otot inti akan bekerja lebih keras. Dan tahukah kamu Sob, dalam satu menit saja menaiki tangga ternyata sanggup membakar 5 kalori bagi orang memiliki beratbadan 60 kg, 7 kalori bagi orang yang memiliki berat badan sekitar 75 kg, dan 9 kalori untuk berat badan 85 kg.

 

  1. Vertical running bermanfaat lebih besar dibandingkan fitness

Para peneliti di Oregon State University mengemukakan jika menaiki tangga mampu memberikan manfaat  yang  lebih besar dibandingkan berjam-jam di studio fitness. Hal itu didapat dari penelitian pada beberapa subyek yang dianalisis melalui beberapa indicator seperti kolesterol, kadar gula darah, dan tekanan darah. Selain itu fakta menarik juga menyebutkan jika menaiki tangga selama 30 menit sama dengan bersepeda dalam kecepatan 19-22 km/jam.Lebih pentingnya lagi, vertical running  itu gratis!

 

  1. Vertical running meningkatkan kemampuan otak

Ketika tubuh bekerja lebih ekstra, keterampilan kognitif secara signifikan akan meningkat. Begitu pula resiko penurunan mental juga akan berkurang. Hal ini diungkapkan oleh para peneliti di UCLA.Lebih hebatnya lagi Sob, vertical running mampu meningkatkan kemampuan belajar bahasa 20% lebih cepat.

 

  1. Gedung tertinggi vertical running

Tahukah kamu Sob jika Taipei 101 di Taiwan menjadi gedung tertinggi yang pernah mengadakan perlombaan vertical running.Para peserta dihadap kan dengan 91 lantai yang memiliki ketinggian sekitar 391 m dan 2.046 buah anak tangga.Perlombaan tersebut merupakan salah satu partisipasi dalam rangka Vertical World Circuit yang sukses diselenggarakan di beberapa negara, termasuk Indonesia.

 

  1. Indonesia sudah dua kali menggelar vertical running

Negara tercinta kita ini ternyata sudah dua kali loh Sob mengadakan kejuaraan vertical running! Pertama di tahun 2013, bertempat di menara BCA setinggi 243 m dengan total 56 lantai dan 1.500 buah anak tangga. Sukses di Jakarta, Zinc selaku sponsor mengadakan kembali acara yang bertajuk “More Than Just Running” itu di Surabaya pada tahun 2014. Para peserta harus beradu cepat untuk menaklukan 32 lantai gedung City of Tomorrow dengan sekitar 400 buah anak tangganya.

RATE THIS :