Active Sport

Coast Trail Running
Coast Trail Running; Bukan Berlari Biasa!
Jun 10, 2014
  • 15378
  • 29
  • 9

Sudah bosan Sob dengan hiruk pikuk perkotaan dengan debu tebal dan asap mematikan? Berlari menjelajahi pasir pantai dan menantang terjangan ombak kecil di kaki bisa menjadi suatu alternatif yang sangat menyenangkan buat dilakukan. Coast trail running merupakan salah satu olahraga lari yang kini mulai populer. Sebenarnya prinsipnya sama dengan lari marathon, namun yang membedakan adalah tidak ada jalanan aspal yang akan ditemui. Suasana alam yang masih asri menjadi rute yang harus dilewati para peserta lari.

Sepintas terdengar asik kan? Jangan salah Sob, semua para peserta lari dituntut tak hanya harus mengandalkan kecepatan saja. Faktor stamina, keseimbangan, dan mental harus dipersiapkan dengan baik. Hal ini karena dengan rute lari lintas alam, siapa yang bisa menduga keadaan alam yang sewaktu-waktu bisa berubah. Berlari di atas permukaan berpasir akan jauh lebih sulit apalagi dengan tekstur yang kering. Resiko cedera juga menjadi meningkat dalam olahraga yang termasuk ekstrim ini.

Olahraga coast trail running memang belum sepopuler mountain trail running (berlari melintasi gunung) di Indonesia. Ketika tahun 2012, sebuah kompetisi coast trail running pernah diadakan di kawasan konservasi Ujung Kulon. Dalam acara yang ingin menyadarkan masyarakat agar lebih menjaga pelestarian badak jawa itu menantang para peserta untuk melintasi dan menantang liarnya hutan Ujung Kulon, menyusuri sungai- sungai kecil serta melintasi dari satu pantai ke pantai dengan jarak kurang lebih 10-15 km.

Bagaimana Sob, tertarik mencoba coast trail running? Asalkan kamu memiliki teknik dan persiapan yang matang, semua tantangan yang diberikan oleh alam akan kamu rasakan dengan perasaan yang sangat menyenangkan. Selamat mencoba! Lets Do More !

 

 

RATE THIS :