Active Sport

Gerakan Stretching Sebelum Trail Run
Gerakan Stretching Sebelum Trail Run
Mar 22, 2016
  • 1035
  • 8
  • 4

Kini trail run termasuk dalam kategori olahraga ekstrim lho Sob. Jadi enggak semua orang bisa atau sanggup melakukannya. Cuma mereka yang punya fisik prima dan mental tak pantang menyerah yang bisa menaklukkan setiap tantangan trail run.

Namun yang tak kalah penting, jangan memulai trail run tanpa stretching atau pemanasan terlebih dahulu. Pentingnya stretching buat para calon trail runner –sebutan untuk pelari rail run- tentunya untuk menghindarkan dari yang namanya bahaya cidera Sob. Enggak hanya untuk trail run, sebaiknya stretching dilakukan setiap kali hendak melakukan aktivitas berat seperti berolahraga, apapun itu. 

Stretching sendiri punya begitu banyak manfaat yang AmaZinc sebagai perbekalan diri untuk menghadapi trail run Sob.  Itu karena stretching dapat membuat otot lebih fleksibel serta elastis dalam menghadapi segala medan berat. Sehingga kemungkinan besar trail runner bakal terhindar dari kram otot atau masalah lainnya yang akan menghambat keseruan trail run.

Lebih dari itu, manfaat lain yang lebih AmaZinc dari setiap gerakan stretching yaitu dapat meningkatkan performa dan tentu saja akan mendapatkan hasil maksimal dari trail run Sob. Lalu bagaimana sih gerakan stretching yang tepat sebelum trail run dan cara melakukannya? Berikut gerakan-gerakan sebelum stretching dan cara melakukannya.

High Knees

Gerakan Stretching Sebelum Trail Run_insert1

 

Cara melakukannya cukup mudah, angkat lutut setinggi mungkin untuk melangkah dengan jarak pendek. Gerakan ini berguna untuk meningkatkan fleksibilitas dan kemampuan tubuh untuk melompat.

Skips

Gerakan Stretching Sebelum Trail Run_insert2

 

Angkat sebelah kaki kanan ke arah depan dengan posisi lurus dan pastikan kaki kiri juga dalam posisi lurus, sehingga seperti membentuk sudut 90 derajat dan ayunkan. Gerakan ini berguna untuk memperpanjang otot hamstring yang dapat meningkatkan fleksibilitas.

Lompat dengan High Knees

Gerakan Stretching Sebelum Trail Run_insert3

 

Mulailah lompatan dengan pola mengangkat kaki dan tangan berlawanan secara bergantian. Gerakan ini berguna untuk meningkatkan kekuatan dan akselerasi ke depan.  

Butt Kickers

Gerakan Stretching Sebelum Trail Run_insert4

 

Posisikan tubuh seperti akan berlari. Angkat telapak kaki ke bagian belakang secara bergantian. Gerakan ini berguna untuk meningkatkan kecepatan dalam berlari Sob.

Ayunkan Kaki ke Depan

Gerakan Stretching Sebelum Trail Run_insert5

Pegang objek di depan dengan satu tangan sebagai tumpuan. Berdiri kokoh dengan satu kaki dan ayunkan kaki lainnya. Lakukan secara bergantian. Gerakan ini berguna meningkatkan jangkauan jarak dan fleksibilitas otot glute dan hamstring Sob.

Ayunkan Kaki ke Samping

Gerakan Stretching Sebelum Trail Run_insert6

Pegang objek di depan dengan satu tangan sebagai tumpuan. Berdiri kokoh dengan satu kaki dan ayunkan kaki lainnya. Lakukan secara bergantian. Gerakan ini berguna meningkatkan jangkauan jarak dan fleksibilitas otot glute dan hamstring Sob.

Ayunkan Kaki ke Samping

Gerakan Stretching Sebelum Trail Run_insert7

 

Mulailah berlari dengan kecepatan rendah kemudian naikkan kecepatan secara perlahan hingga batas jarak 75 meter. Lakukan latihan ini sebanyak 4 repetisi sebelum mulai berlari. Latihan ini berguna untuk mempersiapkan tubuh untuk berlari dengan kecepatan lebih tinggi

Lalu tak hanya fisik yang perlu disiapkan, kesehatan rambutmu juga perlu diperhatikan Sob. Oleh sebab itu, sebelum trail run kamu juga perlu membekali diri dengan Zinc Shampoo Refreshing Cool agar kulit kepala tetap segar dan kamu pun bakal terhindar dari bahaya ketombe yang datang akibat keringat setelah berolahraga ekstrim seperti trail run.

RATE THIS :