Active Sport

1
Jangan Remehkan Alam Bebas, Persiapkan Trail Run
Dec 21, 2015
  • 741
  • 9
  • 4

Trail run pada dasarnya sama seperti olahraga lari yang bertujuan untuk memperoleh kesehatan serta melatih fisik. Namun yang jadi pembeda dengan olahraga lari biasa, trail run memiliki tantangan yang lebih berat buat para pelakunya dan mungkin tidak semua orang dapat melakukannya. Trail run sendiri dapat dikatakan merupakan perpaduan antara olahraga running dan hiking. Kebayang dong tantangan yang bakal dihadapi oleh pelari trail run Sob?

Menantang adrenalin sudah pasti tentunya. Karena sudah pasti akan menguras banyak tenaga saat melakukan olahraga ini. Tak sebatas itu, kekuatan fisik maupun mental pelari trail run juga akan diuji saat melakukan olahraga yang tergolong ekstrim ini.  Meski lari pada bidang datar cukup melelahkan (jika dilakukan dengan benar), namun kamu akan menghadapi tantangan yang lebih berat seperti berlari sambil mendaki terjalnya lintasan pegunungan saat trail run.

Oleh sebab itu dibutuhkan persiapan yang matang kala hendak melakukan olahraga trail run ini. Setidaknya persiapan yang matang ini menghindarkan pelari trail run dari segala sesuatu yang tidak diinginkan. Karena kadang kala kenyataan yang ada di lapangan tak selalu sesuai dengan harapan. Apalagi jika perjalanan yang dilakukan berkaitan langsung dengan alam bebas yang sangat sulit diprediksikan.

Salah satu yang perlu dipersiapkan yaitu peralatan yang memadai untuk olahraga trail run itu sendiri. Peralatan yang memadai saat trail run sangat penting, karena tujuannya memang menaklukkan tantangan di alam bebas. Perlu diingat, jangan menganggap remeh atau nekat di kala diri belum siap. Itu akan memperbesar resiko saat berolahraga ekstrim, termasuk trail run.  Dimana itu akan menimbulkan malapetaka bagi diri kamu sendiri Sob. Berikut peralatan memadai yang wajib kamu bawa saat olahraga trail run.

  1. Sepatu Khusus Trail Run
    2


    Olahraga trail run berbeda dengan lari pada umumnya. Perbedaannya terletak pada lintasan yang akan dilalui oleh sang pelari.  Olahraga trail run, pelari akan menghadapi lintasan terjal menanjak. Jadi pilihlah sepatu yang memiliki alas yang didesain khusus untuk menaklukkan lintasan terjal. Sehingga langkahmu akan mencengkram dengan baik pada lintasan. Selain itu, pilihlah sepatu dengan bobot yang ringan dan memiliki teknologi sirkulasi udara yang mumpuni. Jadi, kamu akan merasa nyaman saat berlari tanpa harus merasakan kepanasan ataupun lembap pada telapak kaki.

  2. GPS
    3

    peralatan selanjutnya yaitu GPS yang sangat berguna untuk penunjuk arah atau jalan. Hal ini sangat dibutuhkan agar dirimu tetap di jalur lintasan yang benar. Karena di alam bebas, semua bisa saja terjadi. Seperti munculnya kabut yang tak diharapkan, dapat muncul kapan pun tanpa dapat diprediksi yang juga dapat mengalihkan pandangan atau menyesatkan para trail runner.

  3. Jaket anti air (Waterproof)
    4

    Saat olahraga trail running, pelari juga diwajibkan untuk membawa jaket tahan air (waterproof) untuk mengantisipasi hujan yang datangnya juga tidak dapat diperkirakan. Karena memiliki bobot yang ringan, jaket tahan air ini tak akan menghambat pergerakan kamu saat olahraga trail run. Dan perlu diingat juga, karena berada di dataran tinggi, jaket dapat menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.

    Itulah beberapa peralatan yang wajib dibawa saat olahraga trail run. Adapun peralatan lainnya yang perlu dibawa bersifat sesuai kebutuhan si pelari. Seperti tas ransel, tempat minum, kaca mata, medical kit, senter atau head lamp. Secara garis besar, peralatan yang akan dibawa, kamu sendirilah yang paham tentang keperluan dirimu sendiri. Dan jangan lupa bawa Zinc Shampoo ya Sob. Pasalnya setelah beraktivitas lebih di alam bebas, rambut menjadi berminyak dan memicu datangnya ketombe. Oleh karena itu pilihan shampoo yang tepat membuat rambutmu tetap sehat bebas ketombe dan fresh.
RATE THIS :