Active Sport

KetahuiTipeSepatuLariKamu
Ketahui Tipe Sepatu Lari Kamu
Aug 22, 2014
  • 2348
  • 9
  • 11

Olahraga lari memang cocok dikatakan sebagai salah satu olahraga yang paling murah dan mudah. Tidak banyak peralatan yang diperlukan untuk untuk melakukannya. Salah satu faktor yang sejatinya paling penting dalam olahraga lari adalah memilih sepatu lari yang benar-benar cocok untuk kamu gunakan. Jangan asal karena suka warna atau modelnya saja dalam memilih sepatu lari, jangan sampai bukan sehat yang didapat tapi malahan cedera kaki. Model serta warna sepatu yang keren harusnya bukan menjadi pertimbangan utama kamu Sob. Ingat! Model ataupun semahal apapun sepatu lari yang kamu beli tidak akan menjamin kenyamanan kamu saat berlari. Resiko cedera akan semakin meningkat, apalagi jika kamu merupakan seorang pemula dalam olahraga lari Sob!
Kenali Bentuk Telapak Kaki
Bagian tubuh yang paling utama dalam olahraga lari tentu saja adalah telapak kaki. Untuk itu kamu harus bisa mengerti apa yang telapak kaki kamu butuh dan inginkan. Tipsnya adalah dengan cara melihat dan mengenali telapak kaki kamu sendiri Sob. Pertama basahi kaki dengan air. Lalu dalam keadaan basah, letakkan kaki di atas kertas berwarna cokelat hingga membentuk sebuah pola mirip jejak kaki. Nah sekarang perhatikan hasilnya.

a. Straight Shape
Bentuk telapak kaki lurus atau datar, tidak terlihat bentuk lengkungan yang jelas.

b. Curved Shape
Bentuk telapak kaki melengkung dengan jelas.

c. Normal Shape

Bentuk telapak kaki agak sedikit melengkung.
Apabila melihat terdapat cekungan yang rendah, sebaiknya kamu memilih sepatu lari yang relatif datar. Namun jika terlihat ada cekungan yang tinggi, maka disarankan untuk menggunakan sepatu lari dengan sol lembut yang terdapat di bagian tengah sepatu.
Kenali Tipe Sepatu Lari
Setelah merasa mengenali bentuk telapak kaki, kini saatnya kamu kenali tipe sepatu lari yang akan digunakan. Setidaknya terdapat 4 tipe sepatu lari yang wajib kamu ketahui Sob.

- Motion Control
Tipe sepatu ini dikhususkan untuk seseorang bertipe kaki Straight Shape karena didesain agar mengurangi serta dapat mengontrol gerakan kaki yang bergerak lebih ke dalam. Meskipun lebih berat dan kaku, namun penggunaannya dapat memberikan topangan yang maksimal untuk kaki.

- Cushioned
Bagi kamu yang memiliki bentuk telapak kai berlengkung tinggi (curved shape) maka disarankan untuk memilih jenis sepatu ini. Bagian mid-sole empuk dan memiliki bentuk lengkung.

- Stability
Kamu yang memiliki bentuk telapak kaki normal tak perlu mencari sepatu lari yang khusus. Fokuskan saja pada ukurannya yang pas serta nyaman untuk digunakan.

- Trailrunning
Trailrunning merupakan sepatu khusus yang didesain bagi kamu yang suka berolahraga lari di medan yang cukup berat. Sepatu ini memiliki perlindungan spesial untuk kamu yang berjiwa ‘Lebih’ dengan menantang kerasnya medan alam seperti tanah berpasir dan kerikil. Sepatu trail running dirancang sengaja lebih rendah agar membuat stabilitas terjaga di medan tidak rata dan terhindar dari resiko cedera.

RATE THIS :