Active Sport

Mengenal perlengkapan Muay Thai
Mengenal Perlengkapan Dalam Latihan Muay Thai
May 31, 2014
  • 23913
  • 9
  • 11

Seni beladiri Muay Thai kini tengah naik daun popularitasnya di masyarakat Indonesia. Banyak orang berbondong-bondong untuk mengikuti kelas latihan Muay Thai. Bahkan beberapa artis Indonesia seperti Dinda Kanya Dewi dan Kenes Andari saja tertarik mengikuti kelas latihan Muay Thai. Mereka tahu jika Muay Thai tak hanya mengajarkan seni bela diri saja, tapi juga memberikan manfaat ekstra dalam membakar kalori. Yaa, Muay Thai memang banyak gerakan cardio yang dapat membantu proses pembentukan tubuh dengan efektif. Putaran-putaran tubuh yang terdapat dalam latihan Muay Thai dapat kamu manfaatkan untuk mengencangkan tubuh serta membakar habis lemak berlebih yang tersimpan dalam badanmu.

Nah kalau kamu kepikiran untuk mencoba beladiri tradisional negera gajah putih ini? Maka dari itu penting banget nih Sob untuk tahu perlengkapan apa saja yang ada dalam kelas latihan Muay Thai. Berikut daftar lengkapnya.

  1. Skipping Rope Sebelum melakukan latihan, pemanasan sangat penting dilakukan. Biasanya skipping rope digunakan pada saat sebelum latihan Muay Thai, karena sangat berguna untuk peregangan otot dan membantu badan agar lebih lentur. Kecepatan juga dapat dilatih dari skipping rope lho Sob.
  2. Handwrap Handwarp dipakai untuk melindungi pergelangan tangan agar tidak cedera atau pun terkilir. Kamu nggak mau kan niat hanya latihan, eh malah mendapat cedera.
  3. Speed Ball Alat ini sangat berguna sekali untuk melatih kecepatan memukul, mengingat dalam olahraga Muay Thai lebih banyak teknik pukulan kejut atau tiba-tiba. Selain itu, alat ini juga berguna banget untuk mengatur stamina Sob.
  4. Samsak Kalau speed ball ini berguna untuk kecepatan, kegunaan samsak lebih berfokus pada power pukulan. Semakin keras kamu memukul, semakin ‘galak’ kamu bertanding.
  5. Bag Gloves Gloves atau sarung tangan dalam Muay Thay sebenarnya terbagi 2 macam, yaitu bag floves dan sparring gloves. Bag gloves dikhususkan untuk dalam latihan, sementara sparring gloves digunakan dalam pertandingan yang sebenarnya.
  6. Head Protector Tentu saja bagian kepala juga sangat penting untuk dilindungi. Terutama bagian rahang yang menjadi pusat sasaran pukulan dalam Muay Thai. Semakin berkualitas bahannya, semakin maksimal perlindungan yang diberikan.
  7. Shin Pad Dalam latihan seni beladiri Muay Thai, bagian kaki juga harus penting dilindungi agar tidak mengalami cedera. Terutama di bagian tulang kering betis yang rawan patah.
  8. Punching Pad Nih dia Sob yang melatih pergerakan kaki untuk menyerang lawan dalam pertandingan Muay Thai. Umumnya Punching pad digunakan untuk menyerang lawan bagian kepala dan paha. Nantinya punching pad akan dipadukan dengan punch mitt untuk memberikan variasi serangan.
  9. Punch Mitt Berbeda dengan punching pad, alat punch mitt sangat berguna untuk melatih variasi pukulan dalam satu combo serangan. Gimana Sob berani coba seni beladiri yang satu ini?

 

 

RATE THIS :