Active Sport

Pakaian yang Aman Buat Trail Run
Pakaian yang Aman Buat Trail Run
Mar 23, 2016
  • 1083
  • 9
  • 1

Pernah coba berlari menaklukkan lintasan pegunungan yang terjal menanjak atau yang lebih dikenal trail run Sob? Trail run dinilai lebih seru dan menantang ketimbang lari biasa di lintasan perkotaan atau sekitaran rumah yang sudah dianggap terlalu mainstream bagi sebagian orang. Itulah kenapa kini trail run secara perlahan dan signifikan mulai menjadi tren di dunia olahraga lari.

Eitss tunggu dulu Sob! Meski kini telah menjadi tren, olahraga ini enggak semerta-merta bisa dilakukan dengan sembarangan tentunya. Keselamatan tetap harus diutamakan dalam menghadapi setiap tantangan trail run. Keselamatan dalam menaklukkan segala tantangan trail run cuma bisa didapat dari persiapan yang matang, termasuk dari segi pemilihan pakaian.

Selain demi tujuan keselamatan, pemilihan pakaian yang tepat bisa memberikan manfaat lebih bagi trail runner –sebutan untuk pelari trail run- tanpa mengurangi sisi kenyamanan saat dikenakan. Rasa nyaman dan aman tentunya dapat tingkatkan performa trail runner melintasi trek menanjak hingga turunan curam. Lalu pakaian apa sih yang dibutuhkan bagi trail runner untuk menghadapi kerasnya rintangan dari lintasan trail run? Berikut ulasannya Sob!

Sepatu Khusus Trail Run

Pakaian yang Aman Buat Trail Run_insert1

 

Trail runner tentunya sangat membutuhkan sepatu untuk menghadapi medan berat pegunungan saat trail run. Tentunya yang dibutuhkan merupakan jenis yang dirancang khusus untuk trail run ya Sob. Sepatu khusus trail run punya tipe sol yang lebih kuat dibandingkan jenis sepatu lari lainnya. Ciri sepatu ini biasanya punya lapisan nilon plastic yang ringan namun tetap kuat yang menjaga keseimbangan baik saat berlari di lintasan yang tidak rata.

Jacket lightweight

Pakaian yang Aman Buat Trail Run_insert2

 

Buakannya jaket malah bikin kita gerah saat berlari? Ini jelas beda Sob, karena medan yang akan dihadapi yaitu lintasan pegunungan yang punya cuaca yang enggak menentu. Kondisi cuaca di alam bebas tidak dapat diprediksi dan dapat berubas dengan cepat dan drastic. Oleh karena itu trail runner perlu yang namanya jacket lightweight untuk mengantisipasi segala kemungkinan perubahan cuaca yang begitu cepat. Jacket lightweight sangat fleksibel bagi trail runner karena tidak hanya bisa dipakai untuk trail run atau mendaki gunung, jacket ini juga bisa dikenakan untuk aktifitas harian Sob.

Kaus dan Celana

Pakaian yang Aman Buat Trail Run_insert3

 

Aktivitas tinggi seperti trail run, tentunya menguras banyak keringat Sob. Keringat yang terserap kaus dan celana, akan merugikan para trail runner. Selain menambah beban bawaan, keringat yang mengendap dalam kaus dan celana yang dibarengi dengan udara dingin pegunungan dapat membahayakan trail runner. Oleh karena itu, trail runner sangat dianjurkan untuk mengenakan kaus dan celana yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat seperti quick dry atau bahan cepat kering.

Ransel

Pakaian yang Aman Buat Trail Run_insert4

 

Trail runner dianjurkan untuk mengenakan ransel meski ukurannya tentunya jauh lebih kecil dibandingkan carrier pendaki gunung. Pasalnya, untuk menaklukkan lintasan pegunungan dengan cara berlari, pastinya membutuhkan perbekalan yang cukup. Berbeda dengan pendaki gunung, trail runner hanya cukup membawa persediaan air minum, makanan ringan, gps, dan obat-obatan yang cukup. Sehingga tak membutuhkan ransel yang begitu besar. Kira-kira hampir menyerupai ransel yang biasa digunakan oleh para pesepeda Sob.

Bicara soal keamanan dan kenyamanan, tentunya rambutmu juga butuh itu Sob. So selalu gunakan Zinc Shampoo Refreshing Cool yang selalu bikin rambut selalu nyaman dan aman tanpa ketombe dan mencegahnya datang lagi.

RATE THIS :