Active Sport

Persiapan Latihan Wall Climbing
Persiapan Dalam Latihan Wall Climbing
Jul 12, 2014
  • 2679
  • 9
  • 6

Apakah kamu tipe orang yang menyukai olahraga yang biasa biasa saja ataukah kamu seorang pecinta tantangan yang suka memacu adrenalin ? Kalau iya kamu wajib mencoba olahraga ekstrim yang satu ini, Wall Climbing! Pada awalnya wall climbing merupakan sebuah bagian kegiatan dari pendakian gunung. Namun karena kepopulerannya, olahraga ini sudah dimodifikasi dari media tebing gunung (rock climbing) menjadi papan buatan yang tak kalah menantangnya Sob yang dikenal dengan nama Wall Climbing. Di Indonesia sendiri wall climbing sudah menjadi salah satu hobi yang banyak diggemari masyarakat. Tak hanya didominasi oleh kaum pria saja tapi banyak juga lho wanita yang menggilainya.

Kekuatan Fisik

Sama halnya dengan jenis olahraga ekstrim yang lainnya, Wall Climbing juga sangat membutuhkan kesiapan fisik. Jangan dikira memanjat hanya membutuhkan kekuatan lengan saja Sob, hampir semua otot tubuh berperan besar untuk mencapai puncak Wall Climbing. Oleh karena itu latihan fisik sangat diperlukan. Mulailah dengan latihan berlari secara rutin dan teratur, karena hal ini sangat bermanfaat sekali untuk pola pengaturan pernafasan. Setelah itu barulah memulai membentuk ketahanan dan kekuatan otot dengan cara latihan beban yang simple seperti push up dan pull up. Lanjut lagi dengan latihan fisik menggunakan alat bantuan seperti dambel dan barbel. Ingat ya Sob, biarpun kamu hanya berlatih sebentar namun jika dilakukan secara rutin setiap hari hasilnya akan sangat bermanfaat.

Kelenturan Tubuh

Jangan pernah menyepelekan point ini Sob! Banyak pria yang kalah dari wanita dalam Wall Climbing hanya karena faktor ini. Kelenturan tubuh sangat menentukan bisa atau tidaknya kamu melewati rute rintangan yang ada . Untuk iu selalu biasakanlah melakukan pemanasan sambil stretching sebelum memanjat. Lebih bagusnya lagi jika kamu mengikuti olahraga-olahraga cardio yang kini tengah menjamur di kota-kota besar.

Mental Baja

Sikap ini harus selalu kamu tanamkan di diri kamu. Dalam wall climbing sendiri, faktor keberhasilan juga ditentukan oleh mental yang kuat dan tidak mudah mengeluh. Tidak ada kata capek, lelah, dan tidak bisa. Kamu harus yakinkan pada diri kamu sendiri sebelum memanjat untuk dapat berhasil menggapai puncak. Jika kamu terjatuh atau gagal maka terus coba dan ulangi Sob.

Peralatan Climbing

Terakhir sebelum memanjat perhatikan dan persiapkan dengan baik peralatan-peralatan yang dibutuhkan dalam olahraga ekstrim ini. Cek terlebih dahulu apakah kualitasnya masih bagus dan layak digunakan. Berikut ada beberapa peralatan primer Wall Climbing yang wajib kamu ketahui Sob :

  1. Tali, Umumnya tali yang dipergunakan adalah jenis tali statis yang memiliki tingkat kelenturan 0% - 6%. Selain itu wajib juga untuk memakai tali carmantel yang memiliki daya lentur hingga 30% sebagai alat pengaman yang utama.
  2. Harnes, Kegunaan alat satu ini adalah sebagai pengaman untuk pemanjat maupun belayer. Ikatkan atau hubungkan harnes pada tali atau anchor. Ada dua tipe Harnes secara umum yaitu Seat Harnes dan Full Body Harnes.
  3. Karabiner, Karabiner merupakan alat seperti pengait yang digunakan untuk menghubungkan titik pengaman dengan tali. Bahan Karabiner terbuat dari Allumunium Alloy yang sangat kuat namun ringan.
  4. Sepatu, Olahraga khusus ya harus pakai sepatu khusus juga dong Sob pastinya. Pakailah sepatu yang memiliki sol dengan kelenturan yang tinggi, jadi untuk melompati satu pointer ke pointer lainnya lebih mudah dilakukan.
  5. Helm, Tentunya untuk melindungi bagian kepala dari benda-benda yang berjatuhan dari atas. Bahan yang aman dipakai haruslah dibuat dari plastik khusus yang tebal dan ringan.

 

Gimana sekarang, sudah siapkah kamu untuk mengalahkan ketakutan kamu untuk mencoba olahraga ini ? Ayo lakukan sesuatu yang lebih Sob!

 

RATE THIS :

Related Article

PublicIdolsdanOlahragaEkstrimnya
Public Idols dan Olahraga Ekstrimnya
Aug 22, 2014
  • 1624
  • 9
  • 7
LetsDoMoreandBeDifferent
Lets Do More and Be Different
Aug 22, 2014
  • 727
  • 9
  • 6
Mengenal perlengkapan dalam latihan Muay Thai2 artikel
#AmaZINCSport
Oct 19, 2016
  • 876
  • 9
  • 15