Active Sport

Persiapan dan Pemanasan Untuk Melakukan Vertical Running-1
Persiapan dan Pemanasan Untuk Melakukan Vertical Running
Oct 16, 2014
  • 1798
  • 9
  • 5

Sudah memutuskan untuk mencoba vertical running, Sob? Perfect! Yuk, kini waktunya mempersiapkan diri kamu sebelum memulainya. Tentu saja, dengan persiapan dan pemanasan yang matang akan membuat hasil yang diraih selalu akan lebih baik. Dibutuhkan beberapa hal yang tepat untuk meningkatkan performa lari kamu secara efektif. Simak sebagai berikut, hal-hal apa saja yang harus kamu lakukan terlebih dahulu sebelum memulai vertical running.

Memakai busana yang tepat

Perhatikan, agar kamu tidak salah kostum pada saat berlari. Gunakanlah pakaian yang nyaman untuk dipakai dan yang paling penting udara dapat masuk ke dalam. Pakaian berbahan polyester cocok untu kamu gunakan, karena memiliki pori sehingga tubuh kamu tidak kepanasan dan mengeluarkan keringat berlebih.

Pemilihan sepatu juga harus diperhatikan ya, Sob. Karena bagi pemula, kenyamanan dan keamanan dalam berlari merupakan hal yang paling penting. Gunakan sepatu yang didesain khusus untuk olahraga lari. Pertimbangkan juga faktor kelenturan, bentuk alas, dan berat sepatu yang cocok untuk kamu gunakan.

Konsumsi karbohidrat yang cukup            

Sebelum memulai vertical running, sangat disarankan untuk kamu mengonsumsi makanan karbohidrat seperti roti dan yoghurt. Hal ini berguna agar perut kamu tidak mudah lapar saat berlari. Untuk melengkapinya, minuman susu juga sangat bermanfaat untuk menambah tenaga kamu saat berlari.

Sebaliknya, tidak dianjurkan bagi kamu sebelum untuk mengonsumsi makanan-makanan sebagai berikut:

  1. Makanan berserat tinggi
  2. Makanan pedas
  3. Alkohol
  4. Minuman yang mengandung kafein tinggi
  5. Makanan berlemak tinggi

Melakukan pemanasan

Nah kini waktunya pemanasan tubuh untuk menguatkan stamina dan membuat tubuh lebih rileks. Gerakan-gerakan seperti jongkok-berdiri ataupun jinjit kaki sambil berdiri dapat melatih otot kaki agar tidak tegang dan menyebabkan kram pada saat vertical running.

Selain itu persiapkan juga diri kamu dari jauh-jauh hari dengan latihan menaiki dan menuruni tangga secara rutin. Hal ini akan membantu kamu agar membiasakan tubuh pada mekanisme otot pada saat melakukan vertical running.

Siapkan mental

Paling penting, persiapkan mental kamu sebelum melakukannya. Yakinkan di otak dan hatimu, kamu dapat menaklukannya dan percaya bahwa kamu luar biasa!

RATE THIS :