Active Sport

9
Teknik Survival Atasi Kondisi Terburuk Saat Trail Run
Dec 21, 2015
  • 704
  • 8
  • 3

Punya hobi olahraga ekstrim Sob? Jika iya coba deh olahraga trail run. Gabungan antara olahraga running dan hiking ini menjadi salah satu olahraga yang terbilang ekstrim. Pasalnya tak hanya berlari di tempat yang bisa, kali ini kamu akan banyak berlari menaiki pegunungan. Tentunya, saat mencoba olahraga trail run ini kamu akan banyak disuguhkan berbagai rintangan seperti lintasan berbatu, menembus rimbunan pohon, tanjakan terjal, hingga suhu udara maupun cuaca ekstrim.

Sehingga sebelum melakukan olahraga ini, biasanya para trail runner diwajibkan untuk melakukan persiapan fisik, pernapasan, pola makan sehat dan teratur, hingga mempersiapkan peralatan maupun perbekalan. Semua itu penting dipersiapkan, karena tantangan pada olahraga ini datang langsung dari alam bebas yang tidak dapat diduga-duga kapan dan dimana datangnya. Sehingga setiap penikmat olahraga ekstrim seperti trail run perlu mengantisipasi segala kemungkinan atau kondisi terburuk yang akan terjadi.

10

Oleh karena itu, selain persiapan fisik maupun perbekalan, trail run perlu menguasai suatu teknik atau trik manakala menghadapi situasi tak diharapkan, yaitu survival atau yang dikenal dengan teknik bertahan hidup. Teknik survival ini merupakan pengetahuan bagaimana cara bertahan hidup dalam kondisi terburuk, seperti cara membuat alat perlindungan (shelter seperti bivak), cara memperoleh air, cara membuat api, cara mengatasi gangguan binatang, cara mencari pertolongan, serta pengetahuan orientasi medan.

Namun pada pembahasan kali ini akan lebih membahas langkah-langkah yang perlu diambil menemukan calon sumber makanan atau minuman di alam bebas seperti hutan pegunungan. Hal ini sangat penting, manakala seorang trail run sedang dalam kondisi buruk seperti tersesat di tengah hutan, cedera yang membuat sulit bergerak, kehabisan persediaan makanan, atau yang lainnya. Berikut beberapa cara untuk menemukan sumber makanan dan minuman di alam bebas.

11

  1. Pilih tumbuhan yang dimakan monyet/kera. Secara genetik primata ini paling menyerupai manusia. Tentunya apa yang dimakan oleh hewan ini akan lebih mudah diterima oleh pencernaan manusia.
  2. Cara yang dapat digunakan untuk memperoleh sumber makanan, kamu dapat melakukannya dengan berburu. Berbagai hewan hutan yang aman untuk dikonsumsi seperti Ayam hutan, burung, jangkrik, dll.
  3. Perlu kamu ketahui, tidak semua tumbuhan dapat dikonsumsi. Semisal tumbuhan berbulu, hindari jenis tumbuhan tersebut, karena tumbuhan ini tidak dapat dicerna oleh organ pencernaan manusia. Jika tetap nekat mengonsumsinya, tubuh akamu akan mengalami iritasi organ pencernaan.
  4. Selain itu, hindari juga tumbuhan yang banyak mengandung getah. Kenapa? tumbuhan bergetah akan menyebabkan gatal dan bahkan hingga keracunan. Jangan coba-coba  Sob!
  5. Carilah makanan seperti umbi-umbian di dalam hutan. Semisal bengkoang, talas, kentang, dll. Kamu juga dapat memilih batang-batangan yang dapat dimakan. Semisal tebu, rebung, batang pisang, dll. Atau juga dapat mencari dedaunan yang dapat dimakan seperti selada air, daun paku, daun singkong, daun pakis, dll.
  6. Jika dalam kondisi yang benar-benar terpaksa, carilah tumbuhan jamur. Namun dengan catatan, hindari jenis jamur yang berwarna mencolok, baunya menyengat, mengeluarkan getah, tumbuh di kotoran hewan dan berbintik-bintik kontras.
  1. Lalu untuk memperoleh sumber air di alam bebas seperti pegunungan, kamu dapat menemukannya dengan cara mencari sumber mata air terdekat, mengumpulkan dari embun, pagi, air hujan, tetes air di ujung-ujung daun, cerukan atau retakan batu, perasan lumut, hingga dari buah atau tanaman yang mengandung banyak air.

Lalu perlu juga seorang trail run membawa peralatan tambahan seperti lonceng kecil atau senter. Peralatan ini setidaknya dapat membantu kamu ketika tersesat, sehingga lonceng dan senter ini berguna untuk memberikan tanda keberadaan kamu kepada orang lain. Setelah berhari-hari di alam bebas, rambut akan berminyak yang memicu datangnya ketombe. Jaga kesehatan rambutmu dengan Zinc Shampoo agar rambut tetap sehat bebas ketombe dan tetap fresh setiap hari. Namun jangan pernah berpikir untuk tidak mencobanya. Karena pada dasarnya, seseorang terlebih bagi para pria lebih menyukai hal-hal yang beresiko.  Semoga bermanfaat ya Sob!

RATE THIS :