Active Sport

Tips Fitness Untuk Puasa yang Lebih Fit
Tips Fitness Untuk Puasa yang Lebih Fit!
Jul 24, 2014
  • 1453
  • 9
  • 3

Menjalankan ibadah berpuasa pada bulan Ramadan bukan alasan kamu untuk tampil lemas Sob, justru ini saat yang pas buat kamu mendapatkan badan yang lebih fit dan proporsional! Bagi kamu yang rutin fitness, teruslah berlatih karena kegiatan puasa tidak akan menghambat aktivitas fitnes jika kamu melakukannya dengan benar. Bahkan kondisi bagian otot tertentu yang telah kamu latih tetap akan mempertahankan bentuknya jika kamu berlatih secara teratur dan menerapkan beberapa strategi yang tepat. Nah ayo ikuti tips-tips fitness berikut ini Sob untuk puasa yang lebih fit!

Menurunkan Porsi Latihan Bila kamu sudah terbiasa dengan porsi latihan fitness yang cukup berat, maka usahakan edisi Ramadan kali ini untuk lebih menghindari pengurasan energi yang berlebihan. Seperti contoh bila pada saat penggunaan treadmill, sebaiknya turunkan kecepatan hingga mode sedang. Atau bisa juga untuk mengurangi bobot pada latihan beban. Standarnya adalah sesuaikan saja kecepatan dan bobot beban yang kamu pilih berdasarkan tubuh kamu.

Sebentar Namun Rutin Dengan diturunkannya porsi latihan bukan berarti kamu berhenti fitness Sob! Justru harusnya kamu lebih rutin berlatih. Cara mengakalinya adalah dengan waktu latihan yang diminimalisir. Bagusnya sih selama puasa, waktu untuk berlatih fitness cukup satu jam saja dimana sudah termasuk untuk pemanasan dan pendinginan. Nah agar otot tubuh kamu tak kehilangan bentuk, makanya rajin-rajin deh kamu untuk menjaga ritual fitness kamu Sob!

Waktu Latihan yang Efektif Sekali lagi kunci untuk fitness yang tepat dan lebih bermanfaat pada saat berpuasa adalah pemilihan waktu yang tepat. Saat pagi dan malam hari merupakan waktu yang terbaik buat kamu berlatih fitness. Kenapa demikian? Selama berpuasa, nutrisi dan cairan dalam tubuh terus berkurang semenjak sahur di dini hari, oleh karena itu sangat disarankan untuk tidak memproduksi keringat berlebih pada siang hari hingga sore menjelang berbuka untuk mengindari dehidrasi. Hasil latihan pada siang hari juga terbilang tidak efektif karena glikogen yang tersisa dalam tubuh terus menurun.

Pola Makan yang Disesuaikan Kamu jangan terjebak dengan yang namanya, “berbuka dengan yang manis”. Ingat makanan manis yang kamu konsumsi secara berlebihan saat berbuka puasa itu sangat beresiko untuk kenaikan insulin yang sangat tinggi dan berujung pada penimbunan lemak! Lebih dianjurkan untuk berbuka dengan segelas air putih dan mengkonsumsi buah kurma, baru setelah itu isi kembali energi kamu dengan hidangan berat. Untuk mencegah otot yang kendur pada saat siang hari, kamu juga bisa mengakalinya dengan memakan banyak sayuran dan buah-buahan yang kaya akan serat saat sahur.

Nah gimana Sob tidak sulit kan untuk menjaga penampilan tetap fit dan oke saat berpuasa? Selamat menunaikan ibadah berpuasa, terus jaga semangat berlatihmu dan tetap jaga hidup sehat!

RATE THIS :

Related Article