Active Update

Ada bahaya didalam penggunaan helm211
Ada bahaya di dalam Helm!
May 27, 2014
  • 2711
  • 4
  • 4

Mengenakan helm pada saat berkendara sepeda motor merupakan hal yang sangat wajib, karena itu merupakan alat pengaman dasar yang sangat vital fungsinya. Namun dengan terlalu terlalu seringnya mengenakan helm, dapat memicu rambut lebih riskan untuk mengalami kerontokan. Nah bila kamu dalam keseharian sering berkendara sepeda motor, pastinya sering dong merasa was-was rambut indahmu akan mengalami kerontokan. Dalam keadaan kepala tertutup, rambut akan mengalami kelembaban apalagi jika cuaca dalam keadaan panas. Kelembaban inilah yang bakal mengancam kesehatan rambut.

Bahaya Helm Untuk Kesehatan Rambut

Tidak perduli helm yang jenis bagaimana pun, bagian rambut dan kulit kepala akan tertutupi. Hal ini akan berimbas pada kurangnya asupan udara yang dibutuhkan oleh rambut. Dalam keadaan cuaca sejuk saja kulit kepala akan berkeringat, apalagi cuaca sedang panas-panasnya pada saat kamu berkendara sepeda motor. Terbayang dong bagaimana sesaknya bagian kulit kepala sehingga mengeluarkan keringat. Keringat yang menumpuk di kulit kepala inilah yang nantinya akan memicu masalah selanjutnya pada rambut kamu, yaitu ketombe. Ketombe yang menyerang kulit kepala akan dengan mudahnya merusak jaringan rambut di kulit kepala sehingga akar rambut bakal dengan cepat mengalami kerapuhan dan kerontokan. Semakin lama kamu membiarkan kejadian ini berlarut-larut maka nampaknya tidak lama lagi rambut akan mengalami kebotakan.

Berikan Perawatan Ekstra Untuk Rambut

Sebenarnya hal-hal mengerikan seperti itu dapat dicegah dengan memberikan perawatan ekstra untuk rambut. Sebenarnya hampir sama saja seperti perawatan rambut yang biasa kamu lakukan setiap harinya, namun ada beberapa poin yang mesti kamu tambahkan di daftarmu. Salah satunya dengan rajin berkeramas setiap pagi hari (sebelum beraktivitas) dan malam hari (seusai Beraktivitas).Pastikan rambut kamu dalam keadaan kering pada saat mengenakan helm. Banyak orang yang tidak menyadari bahaya rambut basah yang menyebabkan kerontokan rambut dengan mudah pada saat menggunakan helm. Ikat rambut juga dapat digunakan agar rambut kamu tidak berantakan, namun jangat mengikatnya terlalu kencang yang justru malah dapat menyebabkan rambut rontok. Bila dalam perjalanan jauh, ada baiknya kamu berhenti istirahat sejenak dan melepas helm untuk memberikan asupan udara ke kulit kepala.

Kondisi Helm Juga Harus Diperhatikan

Kondisi helm yang bau sangat besar potensinya untuk menjadi sarang bakteri. Bakteri itu akan berkembang dan menyerang kulit kepala. Ihh nggak banget Sob kalo sering garuk-garuk kulit kepala apalagi di depan umum? Maka dari itu selain memberikan perawatan ekstra untuk rambut, kebersihan helm juga menjadi faktor yang sangat penting agar terhindar dari masalah kerontokan rambut pada saat berkendara menggunakan helm. Usahakan secara rutin membersihkan dan mencuci helm, tak hanya bagian luarnya saja tapi juga bagian dalamnya. Bagian dalam helm biasanya dapat dilepas. Nah cuci dengan sabun atau deterjen agar bakteri tidak berkembang biak dalam helm. Setelah itu jemur hingga kering dan pasang kembali pada helm. Untuk menjaga keharuman, boleh juga untuk menyemprotkan pengharum pakaian ke dalam bagian helm sesekali. Bila sudah menjaga kebersihan rambut dan helm, katakan “Say Goodbye” pada masalah kerontokan dan ketombe dan pastinya sudah tidak ada ‘bahaya’ lagi di dalam helm.

 

 

RATE THIS :