Active Update

Bangun Pendidikan Melalui Perjuangan Bersama Dalam Komunitas.rev-3
Bangun Pendidikan Melalui Perjuangan Bersama Dalam Komunitas
Oct 16, 2014
  • 1076
  • 2
  • -

Pendidikan merupakan suatu dasar yang sangat penting di dalam kehidupan. Setiap manusia memiliki hak untuk belajar dan mendapatkan pendidikan. Begitu pun dengan di Indonesia, Sob. Setiap warga negara berhak untuk mendapatkan pendidikan karena sudah jelas di dalam pembukaan UUD 1945 menyatakan negara bertanggung jawab untuk kecerdasan bangsanya. Tapi bagaimana jika kenyataannya masih banyak di nusantara ini yang merasakan masih sulitnya mendapatkan pendidikan yang layak?

Disinilah peran kita untuk ikut serta dan bertanggung jawab demi kepentingan bangsa. Tanpa dukungan kita, mungkin pendidikan tak akan berhasil secara maksimal. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk berperan ikut serta dalam membangun pendidikan. Salah satunya adalah berjuang bersama komunitas-komunitas yang memiliki tujuan dan visi untuk membangun pendidikan.

  1. Indonesia Mengajar

Bangun Pendidikan Melalui Perjuangan Bersama Dalam Komunitas_insert-5

Komunitas ini berdiri atas inspirasi salah satu tokoh pendidikan di Indonesia, yaitu Anies Baswedan. Indonesia Mengajar tak hanya memberikan pendidikan bagi mereka yang mengalami keterbatasan, tapi juga memiliki misi untuk membangun jiwa anak muda yang memiliki jiwa pemimpin.

Info :http://indonesiamengajar.org

  1. Save Street Child

Bangun Pendidikan Melalui Perjuangan Bersama Dalam Komunitas_insert-4

Komunitas satu ini tidak hanya di Indonesia saja, melainkan sudah berskala dunia. Kegiatan yang mereka lakukan berfokus pada anak jalanan. Save Street Child membuka kelas-kelas belajar gratis bagi anak-anak jalanan. Kini komunitas ini sudah memiliki jaringan yang sangat luas di Indonesia.

Info :http://savestreetchild.org

  1. Komunitas 1001 Buku

Bangun Pendidikan Melalui Perjuangan Bersama Dalam Komunitas_insert-3

Komunitas 1001 Buku didirikan berdasarkan struktur organisasi nirlaba. Jaringan relawan sudah tersebar banyak di kota-kota Indonesia. Mereka menyediakan akses taman baca yang dapat dimanfaatkan untuk bahan bacaan anak. Di taman baca ini juga, anak-anak akan diajak dan belajar untuk mengembangkan kreatifitasnya oleh para tenaga relawan.

Info :http://www.1001buku.or.id

  1. Sahabat Pulau

Bangun Pendidikan Melalui Perjuangan Bersama Dalam Komunitas_insert-1

Komunitas yang beroperasi sejak tahun 2012 ini merupakan organisasi nirlaba yang dikelola oleh para relawan untuk menyelamatkan dan membantu anak yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikannya. Relawan-relawan tersebut akan berkoordinasi dengan penduduk setempat. Selain memberikan pendidikan gratis, para relawan Sahabat Pulau juga akan menjadi mentor serta motivator agar anak bersemangat untuk bersekolah.

Info :http://www.sahabatpulau.org

  1. Indonesia Bercerita

Bangun Pendidikan Melalui Perjuangan Bersama Dalam Komunitas_insert-2

Sesuai dengan namanya, komunitas ini membangun pendidikan dengan cara bercerita. Maksudnya adalah, komunitas ini menyediakan banyak rekaman suara yang direkam dalam format mp3 yang bercerita sesuai temanya. Podcast cerita ini dalap didownload secara gratis. Visi mereka adalah membangun anak Indonesia yang kreatif serta berkarakter.

Info :http://indonesiabercerita.org

Itu tadi hanya sedikit komunitas yang ada di Indonesia yang bertujuan untuk membangun pendidikan dan masih banyak lagi komunitas diluar sana yang belum disebutkan. Yuk Sob, bersama-sama dan bersatu mencerdaskan kehidupan bangsa. Mungkin kamu tidak memiliki materi yang banyak, tapi itu bukan alasan bukan? Kamu bisa saja membantu dengan cara menjadi relawan pengajar, menyumbang buku yang tidak terpakai lagi, atau bahkan sumbang suara kamu untuk bercerita?

RATE THIS :