Active Update

batre-1
Ini Cara Harus yang Lo Lakukan Agar Baterai Smartphone Lebih Awet
Jan 26, 2018
  • 38
  • -
  • -

Zaman sekarang, smartphone itu sudah menjadi sesuatu yang penting buat kehidupan sehari-hari. Bahkan bisa dibilang, bagi kebanyakan orang smartphone itu sebuah barang yang enggak terpisahkan, setuju kan?  Namun akibat pemakaian yang begitu intens, akan membuat daya baterai smartphone menjadi cepat berkurang. Ujung-ujungnya, aktivitas Lo pun jadi terganggu.

Akhirnya Lo pun kerepotan sendiri mencari colokan di mana-mana untuk men-charger agar smartphone enggak mati total. Mungkin Lo bisa saja menggunakan powerbank untuk mengisi ulang daya baterai smartphone. Tapi perlu Lo ingat, powerbank itu sifatnya hanya sementara. Kalau begitu keadaannya, Lo bisa menggunakan trik ini Sob agar daya baterai smartphone lebih tahan lama.

Gunakan Low Power Mode

Hal pertama yang perlu Lo lakukan agar daya baterai smartphone lebih awet yaitu mengaktifkan Low Power Mode Sob. Fitur ini sangat berguna banget ketika lowbatt karena mampu menghemat daya sekitar 20 sampai 30 persen. Tentu dengan konsekuensi adanya penurunan efek visual ketika berada dalam mode ini.

Matikan Koneksi Kalau Sinyal Lagi Jelek

Ketika sinyal lagi jelek, smartphone akan berusaha lebih keras mencari koneksi. Hal itu tentunya akan membuat daya tahan baterai smartphone Lo menurun lebih cepat. Jadi sebaiknya, matikan koneksi pada smartphone sementara ketika berada dalam situasi sinyal yang buruk.

Efektif Mengatur Kecerahan Layar

Ternyata kecerahan layar juga dapat mempengaruhi daya tahan baterai smartphone Sob! Jadi ketika dalam keadaan lowbatt, lebih baik Lo atur kecerahan layar seminim mungkin. Memang sih membuat Lo jadi kurang nyaman, tapi cara ini akan menghemat daya baterai smartphone Lo Sob.

Non-aktifkan Aplikasi yang Kurang Penting

Pada dasarnya setiap aplikasi yang ada di smartphone akan memakan daya baterai Sob. Besaran daya yang dibutuhkan bervariasi, tergantung dari masing-masing aplikasi yang Lo gunakan. Ada yang banyak, ada juga yang sedikit memakan daya baterai. Jadi buat menghemat daya baterai, sebaiknya non-aktifkan aplikasi yang kurang penting.

Nonaktifkan Location Service

Buat Kamu yang sering menggunakan GPS, fitur Location Service sangat dibutuhkan dalam mengetahui tujuan maupun lokasi Lo saat ini. Tapi siapa sangka, ternyata fitur ini juga membutuhkan daya baterai smartphone yang lumayan banyak. Jadi sebaiknya matikan sementara ketika dalam keadaan lowbatt.

Sesekali Lakukan Kalibrasi Baterai

batre-2 (1)

Cara untuk melakukan Kalibrasi Baterai, matikan sinyal lalu biarkan daya baterai smarphone Lo sampai benar-benar kosong. Kemudian charger baterai sampai 100 persen tanpa sedikitpun digunakan. Lakukan secara rutin tiga bulan sekali. Cara ini dapat membuat penggunaan baterai smartphone secara maksimal dan menjaga kondisinya.

RATE THIS :