Active Update

CegahMataRusak-1 (1)
Tips Cegah Mata Rusak Setelah Berjam-Jam di Depan Gadget
Jan 26, 2018
  • 12
  • -
  • -

Saat lagi fokus mengerjakan sesuatu di depan gadget, kadang enggak terasa waktu telah banyak berlalu. Lo pun enggak sadar, kebiasaan itu ternyata dapat mengancam kesehatan. Apa itu? Kebiasaan di depan gadget dalam waktu lama bukanlah rutinitas yang bagus, karena dapat merusak kesehatan mata. Dampak yang sering dialami banyak orang ketika terlalu lama menatap gadget, yaitu kemampuan mata melihat objek yang jauh menjadi berkurang.

Tapi enggak perlu khawatir Sob, kalau memang gadget merupakan sesuatu yang enggak bisa terpisahkan dari rutinitas Lo sehari-hari, yang perlu Lo lakukan yaitu mengatur pemakaiannya. Hal itu karena walau bagaimana pun juga mata butuh yang namanya istirahat Sob, agar fungsinya berjalan dengan normal. Atau Lo bisa ikuti tips berikut.

Istirahat 15 Menit, Terus Lanjut Lagi

CegahMataRusak-2 (1)

Enggak dipungkiri, dalam sehari Lo bisa berjam-jam lamanya di depan gadget. Jadi alangkah baiknya, Lo butuh sering-sering mengistirahatkan mata. Para ahli menyarankan dalam satu jam, sebaiknya Lo meluangkan waktu 15 menit untuk mengistirahatkan pandangan terhadap gadget dan begitu seterusnya.

Atur Jarak Pandang

CegahMataRusak-4 (1)

Faktanya, jarak pandang terhadap gadget juga dapat mempengaruhi kesehatan mata Sob. Kasus mata minus yang sering terjadi disebabkan akibat terlalu sering melihat objek dengan jarak yang sangat dekat. Jadi sebaiknya, atur jarak pandang Lo, usahakan objek berada minimal dua jengkal dari batang hidung.

Makanan Bergizi

CegahMataRusak-3 (1)

Rutinitas memandangi layar gadget yang dapat merusak kesehatan mata, perlu juga diimbangi dengan makanan bergizi Sob. Sebaiknya mulai sekarang, perbanyak makan buah atau sayur yang kaya vitamin A seperti wortel, daun seledri, aneka buah berry, dan lain-lainnya karena sangat baik buat kesehatan mata.

Lakukan Senam Mata

CegahMataRusak-5 (1)

Melakukan senam mata sangat bagus untuk melatih otot mata agar enggak kaku Sob. Caranya, arahkan lalu pertahankan pandangan ke atas, bawah, kanan, kiri, dan kembali ke tengah masing-masing selama 10 detik. Kemudian putar pandangan 360 derajat searah jarum jam dan sebaliknya secara bergantian sebanyak 2 putaran. Lakukan secara rutin setiap pagi dan sore hari.

Sesekali Lihat Objek Jauh & Berwarna Hijau

CegahMataRusak-6 (1)

Mengalihkan pandangan untuk melihat objek yang jauh perlu juga Lo lakukan sesekali untuk menghilangkan penat Sob. Tanpa disadari cara ini juga dapat melatih otot mata. Lebih bagusnya lagi, sesekali cobalah melihat objek berwarna hijau seperti pepohonan atau taman kota yang berada di sekitar Lo karena dipercaya sangat bagus buat kesehatan mata.

RATE THIS :