AmaZinc Indonesia

test5
Petualangan di Pantai Balangan
Mar 23, 2016
  • 497
  • -
  • 1

Anugerah kekayaan alam di pulau Bali memang luar biasa. Jajaran pantai eksotis tidak ada habisnya untuk ditelusuri Sob! Di sisi timur pusat kota Denpasar, kawasan Sanur memiliki pantai-pantai menawan untuk menunggu momen matahari terbit. Di sisi selatannya, puluhan pantai eksotis pasti memanjakan mata. Sunset menawan di kawasan Pantai Kuta, Seminyak dan Legian ditambah lagi hamparan laut biru di pantai daerah Uluwatu dan Jimbaran.

Saking banyaknya pantai menawan di Bali bahkan kerap ditemukan pantai baru dan tersembunyi dengan karakter yang unik. Pantai Balangan adalah salah satunya. Saya mendapatkan rekomendasi pantai ini dari sahabat saya kala istirahat setelah berlatih Muay Thai. Menurutnya, pantai ini sangat indah dengan ciri khas pemandangan laut lepas Samudera Hindia.

Atas rekomendasi itulah, saya memanfaatkan momen di Bali untuk mengunjungi pantai ini. Dari pusat kota Denpasar, laju motor diarahkan menuju kawasan Uluwatu. Papan penunjuk arah menuju Pantai Balangan menandakan saya semakin dekat dengan tujuan. Jalurnya didominasi turunan yang cukup curam. Tanah lapang sesekali terlihat dan menjadi tepat sapi-sapi mencari makan. Semakin dekat dengan tujuan, batu-batuan kapur terlihat jamak. Pantai Balangan memang dikelilingi tebing batu kapur. Tidak heran bila banyak yang menjulukinya pantai tersembunyi.

test3

Debur ombak sayup-sayup terdengar setelah saya memarkir motor di atas bukit. Dari parkiran motor, lansekap keseluruhan pantai ini sudah bisa terlihat. Garis pantainya tidak terlalu panjang dan berbatasan dengan Pantai Dreamland. Ditepinya pohon-pohon kelapa melambai-lambai diterpa angin yang lumayan kencang. Bersanding dengan pohon kelapa, jejeran rumah makan dan bar langsung menghadap ke arah Samudera Hindia yang luas.

Amat nyaman berjalan di tepi pantai ini. Pasir putih kecoklatan halus dengan riak ombak menyapu bibir pantai. Di pantainya beberapa orang asyik berselancar. Mulai dari kalangan professional hingga baru belajar. Di kala sore, ombak pantai ini tidak terlalu tinggi bila dibanding ombak di Pantai Suluban.

Semilir angin di tepi pantai terasa sejuk menerpa wajah. Pun begitu kala menyibak rambut tebal saya. Menggunakan Zinc Anti Dandruff Shampoo membuat rambut saya terasa lembut dan mudah diatur walau diterpa angin pantai. Selain itu, Improved Formula Complex ZPT – O dari shampoo ini melindungi rambut saya dari ketombe walau di cuaca terik sekalipun.

test4

Oh ya Sob, selain ombaknya yang ideal untuk berselancar, Pantai Balangan juga terkenal dengan 2 tebing setinggi sekitar 10 meter. Tebing yang mengapit ini menjadi lokasi primadona bagi yang ingin berfoto dengan latar laut yang jernih. Biasanya mereka memilih tebing yang terletak di sebelah kanan pantai ini.

Beberapa orang menyebut lokasi tebing ini Pantai Balangan 1. Karena dari tempat saya parkir kendaraan akses menuju tebing ini tertutup tembok penginapan. Jadi terkesan terpisah antara Pantai Balangan 1 dan 2. Sebenarnya bisa lebih mudah lagi dengan menyusuri tepi pantai dan naiki anak tangga tepat sebelah pura.

Tebing ini juga menyimpan sisi religi dalam bentuk pura kecil di dalam tebing. Pura ini sarat dengan nuansa budaya dengan lokasi langsung menghadap ke Samudera Hindia. Rahasia tersembunyi Pantai Balangan semakin perkuat pandangan dan cinta saya tentang Indonesia, khusunya Bali. AmaZinc Indonesia.

RATE THIS :