Syarat & Ketentuan

Konten

  1. Tentang lomba/kondisi peserta
  2. Rute perlombaan
  3. Ketentuan Finisher
  4. Diskualifikasi
  5. Nomor BIB & Timing Chip
  6. Hasil perlombaan
  7. Briefing/Start
  8. Pakaian/Perlengkapan
  9. Tanda rute
  10. Titik air minum dan makanan
  11. Tim Medis
  12. Perlindungan terhadap lingkungan/alam
  13. Meninggalkan perlombaan
  14. Pembatalan perlombaan
  15. Injury in Race (penanganan pertama terhadap kecelakaan)
  16. Dropbag counter (penitipan tas)
  17. Representation on Race Pack Collection (perwakilan di RPC)
  18. Ketentuan umum

 

Berikut adalah tata cara perlombaan dan peraturan yang diberlakukan dalam kegiatan perlombaan ZINC TRAIL RUN 2018. Dengan mendaftar lomba ini, setiap peserta telah sepakat bahwa Anda sudah membaca dan mengerti peraturan dan tata cara dan sepenuhnya sepakat untuk mentaatinya. Dengan menandatangani surat pernyataan ini, peserta menegaskan telah sepakat dengan peraturan dan tata cara ini.

 

1. Tentang Lomba/Kondisi Peserta

Kegiatan perlombaan ZINC TRAIL RUN merupakan perlombaan trail running yang terbuka untuk umum baik warga Negara Indonesia maupun Warga Negara Asing dengan KITAS. Kegiatan perlombaan ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh ZINC (PT LION WINGS), bekerjasama dengan ALTI & MNC Integrated Sales (anggota dari MNC Group) Peraturan yang berlaku pada ZINC Trail Run 2018 adalah sah dan berlaku sesuai dengan ketentuan International Trail Run Association (ITRA) dan Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI).

Pemilihan lokasi dari ZINC TRAIL RUN sudah melalui hasil pertimbangan tidak hanya dari segi keindahan rute namun juga faktor keamanan dan kenyamanan seluruh peserta. Rute perlombaan yang dilewati merupakan variasi dari tanah, batu kerikil, aspal/conblock, maupun rumput.  Dengan kondisi perlombaan yang diadakan di alam bebas, dengan demikian berarti peserta diharuskan :

  • Setiap peserta harus menyadari akan jarak dari jalur dan tantangan fisik dari jalur lomba dan dengan mendaftar perlombaan ini peserta sudah memiliki kesiapan akan hal tersebut. Jarak 1 km di alam bebas akan berbeda dengan 1 km di aspal karena faktor perubahan elevasi rute (naik dan turun).
  • Setiap peserta harus memiliki kebugaran fisik yang cukup untuk mengatasi jalur dan jarak lomba yang telah dipilih.
  • Dengan menandatangani surat pernyataan, peserta menegaskan bahwa peserta memiliki kebugaran fisik yang baik. Selain itu, kebugaran dan kesehatan peserta telah dikonfirmasi oleh dokter sebelum perlombaan.
  • Setiap peserta harus memiliki kemampuan untuk bergerak dengan aman di rute perlombaan alam bebas dan memiliki kemampuan dasar untuk dapat mengikuti tanda (marking) yang disediakan disepanjang rute perlombaan dan pada situasi tertentu untuk dapat mengandalkan informasi yang terkandung dalam buku manual peserta.
  • Tidak ada keharusan bagi peserta untuk mengikuti lomba prakualifikasi sebagai syarat untuk berpartisipasi dalam kegiatan perlombaan ZINC TRAIL RUN 2018.
  • Peserta yang memenuhi syarat untuk berpartisipasi yang berusia minimal 17 tahun dan memiliki kartu identitas yang sah menurut hukum  (KTP, SIM, KITAS bagi Warga Negara Asing).
  • Peserta dibawah umur 17 tahun dapat mendaftar dengan syarat wajib di dampingi orang tua atau pihak lain yang mampu bertanggung jawab atas orang tersebut pada saat perlombaan.

Fakta bahwa peserta benar-benar memenuhi kondisi ini tidak dapat diverifikasi sepenuhnya oleh kami sebagai Penyelenggara Acara. Dengan mendaftar perlombaan ini dan menandatangani dokumen, peserta menyatakan dan menjamin kepada Penyelenggara bahwa ia memiliki keterampilan dan keahlian yang tercantum di atas, dimana keterampilan tersebut tanpa kecuali harus dimengerti dan dipahami sebagai kelengkapan persyaratan registrasi, sebagaimana keterampilan tersebut mewakili contoh yang telah kami ambil dari pengalaman dengan acara ini.

 

2. Rute Perlombaan

Jarak dan rute perlombaan setiap tahun akan berubah mengikuti konsep perlombaan setiap tahunnya. Untuk perlombaan tahun 2018, kategori perlombaan memiliki jarak 15 km. Seluruh peserta harus menyelesaikan rute perlombaan paling lambat 4 (empat) jam setelah start perlombaan dimulai.

Seluruh peserta dihimbau untuk mempelajari rute perlombaan yang tersedia di website baik dalam format gambar rute maupun format file GPX yang dapat diunduh ke aplikasi seperti Google Earth atau sejenisnya.

Rute perlombaan dapat sewaktu-waktu berubah dikarenakan kondisi cuaca dan keadaan dimana penyelenggara yang tidak memungkinkan untuk menggunakan jalur yang sudah ditentukan diawal. Kemungkinan perubahan ini dapat mempengaruhi perbedaan ketinggian, jarak horizontal dan tingkat kesulitan dari jalur yang akan ditempuh.

 

3. Ketentuan Finisher

Berikut beberapa istilah yang akan diberlakukan selama kegiatan perlombaan :

  • Finisher: merupakan seluruh peserta terdaftar yang berhasil menamatkan rute perlombaan dibawah batasan waktu (COT – Cut Off Time) yang sudah ditentukan.
  • Over COT (Cut Off Time): merupakan seluruh peserta terdaftar yang berhasil menamatkan rute perlombaan melebihi batasan waktu (COT – Cut Off Time) yang sudah ditentukan tanpa bantuan moda transportasi apapun.
  • DNF (Did Not Finish): merupakan seluruh peserta yang masuk ke garis start dan ikut berlomba namun tidak dapat menyelesaikan seluruh rute perlombaan dikarenakan satu dan lain hal.
  • DNS (Did Not Start): merupakan seluruh peserta terdaftar yang tidak ikut start dalam perlombaan dikarenakan satu dan lain hal.
  • DQ (Disqualified): merupakan seluruh peserta yang masuk ke garis start dan ikut berlomba namun tidak dinyatakan dikeluarkan dari perlombaan dikarenakan pelanggaran dari ketentuan yang sudah ditetapkan oleh panitia perlombaan.
  • Hanya peserta dengan status Finisher dan OVER COT yang akan berhak untuk mendapatkan Medali Penamat (Finisher Medal).

Dari kegiatan perlombaan, akan menghasilkan pemenang, baik untuk kategori pria dan wanita yang terdiri dari:

  • Hadiah pemenang utama untuk podium 1-3
  • Hadiah untuk setiap pemenang di setiap kategori akan diumumkan pada saat acara perlombaan atau di website resmi.

 

4. Diskualifikasi

Pihak penyelenggara berhak untuk mendiskualifikasi peserta untuk hal-hal berikut ini:

  • Tidak memperhatikan petunjuk yang diberikan oleh race director, rescue director, panitia di check point, atau panitia yang bertugas di lapangan dan peraturan lalu lintas.
  • Membuang sampah atau mengotori lingkungan
  • Perilaku yang tidak baik/adil yang dapat merugikan peserta lain
  • Melewati salah satu/lebih dari satu check point
  • Masalah kesehatan dari peserta
  • Doping
  • Mengambil jalan pintas
  • Menyogok nomor BIB

Ini merupakan beberapa contoh dan tidak berarti hanya berdasarkan daftar yang sudah disebutkan diatas. Peserta yang didiskualifikasi dari perlombaan tidak bisa meminta ganti rugi dari pihak penyelenggara.

 

5. Nomor BIB

Setiap peserta mendapatkan nomor BIB di tempat yang ditentukan setelah memberikan Surat Pernyataan (dapat diunduh pada Form Pendaftaran) dan menyediakan bukti identifikasi. Nomor BIB wajib dikenakan di badan dan harus terlihat setiap saat selama perlombaan dan tidak tertutup oleh pakaian lain. Nomor yang dikeluarkan untuk setiap peserta dan tidak bisa dipindah tangankan ke orang lain. Peserta yang terbukti menukar nomor BIB kepada pelari lain dan kemudian memenangkan atau menyelesaikan perlombaan tidak berhak untuk mendapatkan hadiah perlombaan.

Chip pada nomor BIB akan di-scan sebelum garis start dan pada garis finish. Nomor BIB tidak boleh dilepas, kecuali peserta dinyatakan diskualifikasi karena melanggar peraturan dan tata cara perlombaan atau karena peserta menyatakan mundur dari perlombaan.

Waktu yang tercatat menggunakan sistem chip. Chip terpasang dibelakang nomor BIB dan tidak boleh dilepas! Chip mencatat waktu tiap peserta secara sistem.

Akan ada scanner pada saat race pack collection untuk mengecek race chip. Jika tidak dapat bekerja, mohon untuk menginformasikan panitia saat race pack collection secepatnya.

 

6. Hasil Perlombaan

Hasil resmi akan ditentukan di garis finish. Peserta akan discan sesuai dengan urutan tiba di garis finish. Batas waktu yang sudah ditentukan / COT (jam 11:00 wib), dimana semua peserta harus sudah tiba di garis finish. Batas waktu ini sudah tercatat di buku manual peserta untuk memberikan petunjuk. Perubahan cuaca atau kondisi trail dapat mempengaruhi perlombaan dan race director untuk mengubah cut off time.

Hasil perlombaan dapat dilihat di website resmi dalam waktu maksimal 2x24 jam dan peserta mempunyai batas waktu untuk melakukan  sanggahan atau keluhan dari hasil perlombaan 1x24 sejak hasil resmi perlombaan diterbitkan.

 

7. Briefings/Start

Briefing akan diberikan oleh race director yang akan bertanggung jawab untuk menjelaskan 30 menit sebelum perlombaan. Dalam briefing tersebut secara spesifik menjelaskan tentang fitur-fitur yang ada pada pelombaan kepada peserta. Peserta diperbolehkan berada di garis start 1 jam sebelum perlombaan dimulai. Semua briefing akan diberikan oleh race director yang berwenang.

 

8. Pakaian/Peralatan

Akan ada dua jenis perlengkapan dalam perlombaan: 1) Perlengkapan wajib dan 2) Perlengkapan yang dianjurkan.

Perlengkapan Wajib:

  • Sepatu trail running yang memadai untuk lari di medan gunung
  • Memakai official race jersey dari ZINC sesuai yang didapatkan sebagai bagian dari race pack.

*Pelari yang tidak memakai official race jersey jika berhasil jadi Finisher, tidak akan berhak mendapatkan medali Finisher.

Perlengkapan yang dianjurkan:

  • Penyelenggara akan menyediakan peralatan lari berupa: jersey, running vest, botol air minum dan peluit.
  • Perlengkapan tambahan untuk melindungi dari kondisi cuaca buruk (minimum jas hujan water proof)
  • Peralatan darurat (first aid kit, rescue blanket)
  • Course map dengan peta detil, serta profil ketinggian dari keseluruhan jalur
  • Telepon genggam dengan nomor crew medical yang sudah disimpan agar dapat melakukan panggilan darurat
  • Lain - lain: alat GPS, sun screen, fatty cream against chafing, tambahan makanan dan minuman, blister tapes.

 

9. Tanda Rute

Jalur akan ditandai dengan tanda marka jalan, plastik penghalang, dan bendera dan lainnya oleh panitia yang berkompeten dan berpengalaman dibidangnya. Bentuk dan penampakan tanda rute akan dijelaskan pada saat race briefing maupun dicantumkan pada buku manual peserta.

Namun hal ini tidak bisa menjamin bahwa tanda jalur akan terus ada dan tidak berarti peserta boleh keluar dari jalur yang sudah ditentukan. Terutama setelah hujan besar, kabut, atau kondisi cuaca apapun yang dapat mengakibatkan tanda hilang, tertutup, atau tidak dapat dilihat. Untuk mengantisipasi hal tersebut panitia perlombaan juga akan menempatkan marshall untuk membantu mengarahkan peserta. Hal lain yang dapat dilakukan oleh peserta untuk mengantisipasi hal tersebut dengan cara membawa peta ruter perlombaan baik hard copy mau pun menggunakan file GPX.

 

10. Titik Makan dan Minum

Akan terdapat beberapa titik makanan dan minuman seperti minuman isotonik, buah dan makanan karbohidrat seperti roti yang akan disediakan untuk peserta. Penempatan titik makanan dan minuman akan tercantum sesuai dengan rute perlombaan. Peserta harus dipastikan membawa makanan dan minuman yang cukup di zona sesuai dengan kebutuhannya.

 

11. Perawatan Media, Kejadian Darurat, Tim Medis

Tim medis sudah bekerja di garis start/finish satu jam sebelum perlombaan dimulai dengan menyediakan mobil medis di area garis start dan garis finish hingga peserta terakhir selesai perlombaan.

Selama  perlombaan, peserta dapat menemukan tim medis di rute-rute dimana mereka menyediakan tim penyelamatan yang dioperasikan oleh paramedik lokal, dan staf dari tim medis. Ini untuk memastikan bahwa peserta mendapatkan perawatan medis secepatnya.

Selain itu, tim medis juga akan berkeliling pada jalur lomba untuk memastikan peserta mendapatkan pertolongan pertama.

Jika ada kejadian darurat, tetaplah tenang dan hubungi nomor darurat yang sudah disediakan di buku petunjuk manual (pastikan nomor tersebut ada di ponsel).

Jika  peserta tidak bisa menghubungi tim medis, segera hubungi nomor darurat kota tempat diadakannya perlombaan.

Periksa buku manual peserta, pahami titik lokasi peserta dan berikan nomor yang bisa dihubungi

Jika peserta tidak bisa menghubungi bantuan medis, minta bantuan peserta lain untuk membantu menghubungi nomor darurat.

 

12. Perlindungan Terhadap Lingkungan dan Alam

Jalur yang ada pada rute perlombaan akan melewati wilayah alam yang dilindungi oleh wilayah setempat dimana semua etika lingkungan perlu diterapkan sebagaimana di bawah pengawasan ketat setiap saat. Mengotori lingkungan di luar zona makan dan minuman dan check point akan mendapatkan beberapa penalti atau diskualifikasi dari perlombaan.

 

13. Meninggalkan Perlombaan

Peserta yang memutuskan meninggalkan perlombaan karena alasan apapun (misalnya letih atau terluka) harus memberitahukan kepada panitia perlombaan dengan cara  menghubungi nomor yang sudah disediakan pada buku petunjuk. Jika peserta keluar dari perlombaan, maka panitia tidak memiliki kewajiban untuk menjemput peserta dengan shuttle, termasuk jika peserta memutuskan untuk membatalkan atau merubah jalur perlombaan.

 

14. Pembatalan

Organisasi lomba berhak untuk membatalkan/memotong pendek perlombaan untuk alasan  berikut:

Peringatan cuaca yang dikirim badan meteorologi maupun larangan penghentian oleh badan instansi setempat demi alasan keselamatan peserta.

Ketidakmampuan untuk memastikan keselamatan dan keamanan peserta dikarenakan risiko seperti tanah longsor, batu longsor, dan badai.

Bencana alam (atau peringatan dinyatakan dikeluarkan oleh BMKG dan taman nasional setempat). Dalam hal ini, perlombaan tidak bisa diubah untuk dilanjutkan kembali.

Keputusan perlombaan akan dibatalkan atau tidak ditentukan sehari sebelum perlombaan atau di hari perlombaan. Ini akan dikomunikasikan melalui website resmi perlombaan.

Dalam hal gempa bumi, badai, banjir, insiden, dan/atau epidemik, pihak penyelenggara perlombaan berhak untuk membuat keputusan untuk memperpendek atau membatalkan perlombaan, ada atau tidaknya pengembalian uang, jumlah, dan metode komunikasi.

 

15. Injury in Race (Penanganan Pertama Terhadap Kecelakaan)

Peserta yang memiliki penyakit bawaan, wajib untuk membawa obat-obatan pribadi (contoh: inhaler).

Panitia hanya bertanggung jawab untuk memberikan penanganan pertama atau P3K dan mengantarkan pada rumah sakit terdekat.

Peserta yang membutuhkan pertolongan lebih lanjut (intensif) merupakan tanggung jawab peserta yang bersangkutan.

Segala hal yang berkaitan dengan anak (khususnya cedera/kecelakaan) adalah tanggung jawab orang tua masing-masing.

Peserta menyetujui, mengetahui dan mengerti akan adanya risiko-risiko dan bahaya yang muncul dari keikutsertaan dalam pertandingan dan untuk tidak berhak menuntut atas segala kejadian yang dapat menyebabkan cedera tubuh, cacat tubuh atau kematian.

 

16.  Dropbag Counter

Peserta menyetujui, mengetahui dan mengerti bahwa pihak penyelenggara tidak bertanggung jawab atas barang-barang pribadi yang hilang, rusak atau dicuri selama acara berlangsung.

Peserta tidak diperbolehkan menitipkan barang berharga pada tenda penitipan barang yang disediakan pihak penyelenggara

Pihak penyelenggara tidak bertanggung jawab atas kehilangan barang berharga peserta yang menitipkan barang pada tenda penitipan barang.

Tenda penitipan barang hanya diperuntukkan bagi 1000 peserta pertama yang penitipkan barang, dengan menunjukkan Nomor BIB resmi.

 

17.  Representation on Race Pack Collection (perwakilan di RPC)

Pengambilan race pack hanya dapat dilakukan sesuai dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan.

  • Jadwal & Lokasi

Hari : Sabtu dan Minggu, 3 - 4 November 2018

Jam : 10.00 - 18.00 WIB

Jakarta : MNC Studios (Jl.Raya Perjuangan - Kebon Jeruk)

Bandung : MNC Sky Vision Cabang Bandung (Jl. Sunda No. 34 Bandung - Jawa Barat)

  • Hari : Sabtu 10 November 2018

Jam : 10.00 - 15.00 WIB

RACE CENTRAL - RANCA UPAS (Lokasi kegiatan ZINC Trail Run 2018)

Peserta wajib membawa KTP/SIM/KITAS/Kartu Pelajar ASLI untuk pengambilan race pack.

Pengambilan race pack dapat diwakilkan dengan syarat membawa surat kuasa bermaterai dengan tanda tangan peserta dan perwakilan pengambil race pack serta membawa kartu identitas ASLI dan 1 fotokopi kartu identitas peserta.

Format surat kuasa dapat di-download pada website pendaftaran.

Satu surat kuasa dapat digunakan oleh lebih dari satu peserta.

 

18.  Ketentuan Umum

  1. Peraturan yang berlaku pada ZINC Trail Run 2018 adalah sah dan berlaku sesuai dengan ketentuan International Trail Run Association (ITRA) dan Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI).
  2. ZINC Trail Run 2018 terbuka untuk umum baik warga Negara Indonesia maupun Warga Negara Asing dengan KITAS
  3. Pihak penyelenggara berhak untuk menutup pendaftaran sebelum batas waktu yang telah ditentukan dengan dan/atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu apabila kapasitas peserta dianggap cukup.
  4. Binatang peliharaan atau segala bentuk objek roda untuk transportasi misalnya kursi roda, sepeda, skate, sepatu roda dan lainnya dilarang berada dalam rute lomba.
  5. Pihak penyelenggara berhak untuk menggunakan seluruh materi foto atau video dalam perlombaan ini di channel yang tidak berbatas tanpa ikatan/batas waktu.
  6. Semua pelari wajib untuk mengetahui rute perlombaan. Kesalahan rute merupakan tanggung jawab peserta.