Gamers Bukan Cuma Main Game

Main game terooosss!

Iya maaah, bentaaar… Lagi seru nih!

Kalau zaman kita masih kecil, orangtua kita pasti ngelarang kita main game karena takut bikin kita males belajar. Sekarang, mereka pasti akan kaget kalau industri gaming sudah bisa menjadi mata pencaharian, bahkan juga bisa jadi lahan bisnis yang sangat menjanjikan. Mobile Legends: Bang Bang adalah salah satu game mobile yang paling populer di Indonesia. Dari total 170 juta pengguna aktif per bulan di seluruh dunia dan Indonesia merupakan kontributor terbesar dengan 50 juta pemain Mobile Legends. Game mobile yang populer lainnya di Indonesia, PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) Mobile juga mengatakan berdasarkan datanya, Indonesia menyumbang pemain paling banyak kedua di dunia dari total 100 juta pengguna secara global. Dari sebuah survei yang dilakukan pada tahun 2019, tercatat bahwa nilai industri game di Indonesia telah mencapai kisaran 941 juta dollar AS atau sekitar Rp 13 triliun.

Apa yang membuat industri gaming bisa sebesar ini? Ada 2 alasan:

  1. Game bukan hanya di PC atau di konsol saja, tetapi juga Mobile aka. Handphone!
    Mayoritas orang Indonesia adalah pemakai baru smartphone (mobile-first), jadi pastinya game-game yang ada di Google Play Store atau Apple App Store akan lebih mudah untuk dijangkau dibandingkan game-game PC ataupun konsol (Playstation, Xbox, dll.)

  2. Orang Indonesia punya kemampuan!
    Ada 2 kemampuan yang mau kita bahas di sini.
    Pertama, kemampuan bermain alias pengetahuan dan skill tinggi. Asal kalian tahu, anak-anak Indonesia jago banget, dari tingkat nasional, Asia Tenggara sampai internasional! Kita sebut saja beberapa tim esports paling top di Indonesia, seperti EVOS, Aerowolf, BOOM ID, Onic Esports, dll. Perlu kita mention. tim terakhir yang disebut, Onic Esports merupakan juara Mobile Legends nasional di Piala Presiden 2019. Mereka juga merupakan juara turnamen Mobile Legends terbesar se-Asia Tenggara di acara MSC 2019. Keren kan?

Kedua, kemampuan membeli. Apa yang dibeli? Tentunya item yang dapat meningkatkan pengalaman bermain game, seperti skins, emblem, coin, dll. Pastinya pernah kan main bareng temen yang skin hero mereka beda dari yang biasanya? Kalian sendiri, pernah beli ga items di mobile game favorit?

Kita sebagai orang Indonesia, jangan cuma mau jadi konsumennya aja. Harus bisa lebih dari itu! Sudah saatnya putra-putri Indonesia jadi produsen game juga dong! Makanya sekarang, di Indonesia sudah ada lho fakultas yang jurusannya di bidang Game Application & Technology! Mahasiswa progam studi game tidak cuma fokus dalam memahami pengetahuan dan kemampuan game secara teori, tapi juga bisa menerapkan teknologi dari sisi game art (seni pemainan), game design (desain permainan), dan game programming (pemrograman).

Nah apapun pilihanmu jadi pemain, atlet esport atau jadi developer game. Yang pasti jangan sampe lupa keramas pake ZINC Clean Active, biar kulit kepala bebas ketombe dan gatal. Gak enak kan garuk - garuk kepala pas lagi seru-serunya ngegame atau lagi bikin game?
Time for Indonesia to do more and be more in the global gaming industry!

Others News & Events

Syarat dan Ketentuan #DoMoreAtHome Tag Challenge
Syarat dan Ketentuan #DoMoreAtHome Tag Challenge
Tinder-an di Masa Pandemik, Peluang Punya Pasangan Lebih Besar
Tinder-an di Masa Pandemik, Peluang Punya Pasangan Lebih Besar
Nggak Semua Orang Bisa Ngelakuin Push-Up Seperti Ini
Nggak Semua Orang Bisa Ngelakuin Push-Up Seperti Ini
Contact Us
©Lion Wings Indonesia 2019