Lo Tipe Yang Mana? Jogging Pagi atau Sore?

Guys, coba sebutin dong olahraga favorit lo? Kalo mimin sih orangnya simpel, cukup olahraga lari atau jogging juga udah seneng, yang penting bergerak seluruh anggota tubuh. Selain mudah dilakukan, jogging bisa dilakukan di mana saja. Manfaat dari jogging itu sendiri adalah untuk meningkatkan kebugaran fisik, memperkuat otot-otot tubuh, serta meningkatkan daya tahan dan kesehatan jantung. Kebanyakan orang beranggapan jogging paling baik dilakukan di pagi hari. Sebagian lainnya berpikiran kalau aktivitas fisik ini sebaiknya di sore hari. Kira-kira, bedanya apa ya guys? Simak di sini yuk!

Jogging Pagi

Jogging pagi bisa menjadi kegiatan awal untuk menyegarkan diri sebelum memulai aktivitas. Idealnya, waktu di pagi hari yang tepat untuk jogging adalah pukul 05.30 hingga 07.00 WIB. Namun, lo juga masih dapat melakukannya pukul 08.00 hingga 09.00 WIB. Nah, ini dia beberapa manfaat jogging di pagi hari:

  1. Membangkitkan Mood
    Olahraga adalah kegiatan yang bisa melepaskan hormon endorfin. Hormon ini akan membuat lo merasa bahagia dan memberikan perasaan lebih baik dalam menjalani hari. Perasaan baik ini pun bisa bikin mood lo bagus buat ngerjain kerjaan di hari itu.

  2. Meningkatkan Kualitas Tidur
    Bangun pagi akan membentuk jam biologis yang lebih teratur. Sehingga, lo akan lebih cepat tidur di malam hari. Selain itu, orang yang berolahraga di pagi hari akan memiliki fase deep sleep yang lebih panjang daripada olahraga di malam hari. Setelah melakukan lari pagi selama tiga minggu berturut-turut, lo akan memperoleh kualitas tidur yang lebih baik.

  3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
    Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa berlari selama 10 sampai 15 menit perhari bisa menurunkan risiko serangan jantung. Lo pun cukup berlari dengan ritme sedang maka tidak hanya menurunkan risiko serangan jantung tapi juga terhindar dari stroke.

  4. Meningkatkan Metabolisme
    Saat jogging di pagi hari, lo akan menghirup udara yang masih bersih. Dengan begitu metabolisme tubuh akan meningkat. Olahraga di pagi hari juga meningkatkan suhu tubuh sebelum mulai beraktivitas.

Jogging Sore

Beberapa orang yang memiliki kesibukan lebih di pagi hari, memutuskan untuk mengganti waktu olahraga menjadi di sore hari. Meskipun sepertinya pagi hari adalah waktu yang ideal, berolahraga di sore hari juga tidak ada salahnya. Waktu yang pas untuk melakukannya adalah sore hari yaitu pukul 16.30 hingga 18.00 WIB. Ini beberapa manfaat yang bisa lo dapetin saat jogging di sore hari.

  1. Meningkatkan Performa Olahraga
    Olahraga lari di sore hari bisa meningkatkan performa tubuh. Pada waktu itu, fungsi tubuh termasuk otot berada dalam level yang baik dan penyerapan oksigen juga lebih tinggi. Dengan begitu, olahraga yang dilakukan termasuk lari bisa menjadi lebih baik.

  2. Meningkatkan Kualitas Tidur
    Hampir sama dengan manfaat lari pagi, lari di sore hari pun juga bisa meningkatkan kualitas tidur dengan baik. Cara ini mungkin akan lebih efektif dilakukan untuk orang yang memiliki masalah tidur.

  3. Memperbaiki Mood
    Dengan melakukan olahraga tubuh, akan mengeluarkan hormon endorfin yang bisa perbaiki suasana hati. Hormon ini dapat menekan hormon stres yang muncul akibat pekerjaan atau masalah lainnya. Tidak jauh berbeda dengan manfaat lari pagi, lari di sore hari juga bisa memberikan perasaan nyaman dan tenang.

  4. Membakar Kalori
    Untuk satu ini, tentu tidak dimiliki pada olahraga di pagi hari. Lari sore bisa membantu membakar kalori yang didapat pada dari pagi hingga siang. Saat makan siang, kebanyakan orang menjadi berlebihan karena merasa lelah setelah beraktivitas dari pagi. Karena itu, mengimbangi dengan lari sore akan membantu terhindar dari obesitas atau kelebihan berat badan.

Nah, setelah udah liat beberapa manfaat jogging di pagi hari dan sore. Lo pilih jogging di waktu kapan?

Others News & Events

Liburan Seru Bikin Adrenalin Terpacu? Ini Aktivitas Outdoor yang Wajib Dicoba!
Liburan Seru Bikin Adrenalin Terpacu? Ini Aktivitas Outdoor yang Wajib Dicoba!
SYARAT DAN KETENTUAN DO MORE TRAVELING CHALLENGE
SYARAT DAN KETENTUAN DO MORE TRAVELING CHALLENGE
Rambut Fresh Seharian di Konser, Bebas Khawatir Lepek dan Ketombe!
Rambut Fresh Seharian di Konser, Bebas Khawatir Lepek dan Ketombe!
Contact Us
©Lion Wings Indonesia 2019